It’s not Always about People, Sometimes it’s About You

12:00 PM




Pernah aku membaca, dengan bertambahnya usia, lingkar pertemanan seseorang akan semakin mengecil. Dengan usiaku yang menjelang 21 tahun di tahun ini, aku membenarkan itu. saat aku duduk di sekolah dasar dulu, aku mudah berteman dengan siapapun. Di sekolah maupun di tempat les, aku hampir mengenal siapa-siapa yang ada di sekitarku. Beranjak SMP dan SMA, aku merasa menjadi orang yang semakin menutup diri, tentu ada alasan dibalik itu. saat itu (mungkin sampai sekarang) aku merasa menjadi pihak yang harus selalu mengerti keadaan atau konsidisi seseorang, dan menjadi satu-satunya orang yang menyesuaikan dengan keadaan itu. Merasa tidak ada yang memahami kharakterku. Sering kali pikiran seperti itu yang berputar dikepalaku sehingga kadang aku malas bertemu dengan orang lain (orang lain selain keluarga). 

Sedikit berhubungan dengan postku sebelumnya, orang-orang yang sangat ingin aku temui saat liburan ini sedikit mengecewakan. Jadi, beberapa hari lalu salah satu teman SMA-ku ulang tahun. Biasanya setiap tahun, kami (bersama 3 temanku yang lain) berkumpul memberikan kejutan dan membawakan kue untuknya. Tahun ini, nope. Tidak ada. Di tahun-tahun sebelumnya, memang aku yang mengajak teman-temanku yang lain untuk memberikan kejutan. Tahun ini, aku sudah lelah. I mean, aku berulang kali bercuap-cuap di group chat kami untuk mengajak bertemu dan berkumpul tapi pada akhirnya hanya satu-dua yang menghiraukan, itupun salah satunya sedang berada di luar kota. Aku lelah. Tahun ini aku tidak berinisiatif untuk memberikan kejutan pada temanku. Sebenarnya aku menunggu, bila aku tidak mengajak mereka, apa ada yang merinisiatif duluan? Nihil. Ini semacam memberikan trauma untukku untuk memulai percakapan atau mengajak bertemu di group chat kami. Aku trauma tidak dihiraukan haha

Mungkin kesalahan terbesar terletak padaku dan pada perasaanku yang sangat mudah berprasangka. Ya, temanku sedang sibuk belakangan ini, entah itu sibuk dengan kuliahnya ataupun teman barunya. Mungkin aku yang kurang pengertian dan sangat egois.

Mungkin aku punya pemahaman yang berbeda mengenai “persahabatan”.







Tapi, aku rindu mereka….



You Might Also Like

0 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Instagram