Make Your Own : The Make Room

8:04 PM

Belakangan ini aku memiliki hobby baru, yaitu menghayalkan rumah yang ingin aku miliki di masa depan haha. Berhubung jika hanya dibayangkan akan sulit dan mudah lupa, aku mencoba menggambar melalui program CorelDRAW. Awalnya aku pikir akan mudah, tapi ternyata repot juga, alhasil aku tidak melanjutkannya.
Beberapa hari lalu, aku menjelajah Pinterest dan menemukan suatu web yang bisa digunakan untuk mendesain denah bangunan dengan berbagai ruangan yang diinginkan, entah itu ruang kerja, kamar tidur, hingga taman. The Make Room namanya. Iseng aku mencobanya, dan ternyata asik juga. Oiya, web ini free, jadi kamu bisa desain denah sepuasnya. Hasil desain yang dibuat di The Make Room bisa kamu save dan bisa juga di export untuk di save di laptop atau komputer.
Saat membuka alamat http://urbanbarn.icovia.com/icovia.aspx, kalian akan disambut dengan tampilan ini. Tunggu hingga web selesai loading.  


Selanjutnya tampilan yang akan muncul adalah halaman pertama untuk memulai mendesain denah yang diinginkan. Saat ingin menyimpan atau me-export hasil pekerjaan ke laptop atau komputer, web akan meminta kamu untuk sign up atau login terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebelum memulai mendesain denah yang diinginkan, sebaiknya sign up atau login terlebih dahulu. 

 Tampilan web setelah selesai loading.

Sign up/login untuk masuk ke web The Make Room.

Setelah sign up/login, The Make Room menyediakan dua pilihan untuk mendesain denah yang diinginkan. Pertama, The Make Room sudah menyediakan contoh desain yang bisa kita edit sesuai keinginan. Kedua, kita bisa membuat desain dari awal. Mulai dari menentukan berapa luas ruangan yang diinginkan serta bentuk ruangan yang akan didesain. Ketika sudah menentukan pilihan, klik “open this plan” untuk menggunakan desain yang sudah disediakan The Make Room, dan klik “create a new plan” untuk memulai dari awal desain yang diinginkan.


Viola, mudah kan? Nah untuk menambahkan furniture, tinggal pilih segala macam furniture indoor maupun outdoor yang diinginkan di kolom sebelah kiri. Lebar denah juga bisa disesuaikan dengan menggeser garis hitam pembatas denah. Warna dari setiap furniture yang digunakan dapat di ubah. Berhubung warna yang disediakan sangat terbatas, aku mengambil kode warna dari CoreDRAW dan men-copy kode warna pada kolom yang disediakan untuk setiap furniture.

Furniture yang disediakan di web The Make Room

Untuk orang yang sudah professional di bidang desain interior maupun desain bangunan, web ini mungkin akan kurang sesuai karena keterbatasan tools dan jenis-jenis furniture yang disediakan. Aku sempat menanyakan tentang web ini ke salah satu temanku yang kuliah di jurusan arsitektur. Katanya, saat kuliah di jurusan arsitektur, ia diharuskan memulai semuanya dari nol serta bebas untuk berkreasi dengan desainnya. Mendesain tidak semudah yang dapat dilakukan di web The Make Room. Oleh karena itu ia kurang suka menggunakan web ini karena keterbatasan yang aku sebut di atas. Selain itu, karena sangat mudah untuk mendesain menggunakan web ini, temanku bilang “kurang dapat ilmunya” saat mengerjakan desain menggunakan web ini. Tapi untuk para amatiran di bidang desain bangunan/interior, web ini bisa digunakan sebagai permulaan.  
Well sampai disini dulu ya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang memiliki hobby yang sama denganku haha. Sampai jumpa di post selanjutnya~

You Might Also Like

0 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Instagram