“The Intelligent Have Plans; The Wise Have Principles.”

11:04 PM



Ketika seorang perempuan menjaga jarak dengan laki-laki dengan alasan menjaga diri dan istiqomah atas kodratnya sebagai perempuan, tolonglah untuk menghormati pilihan tersebut. Ketika perempuan tersebut masih menjaga silahturahmi dengan laki-laki, bukan berarti perempuan tersebut menginginkan hubungan yang lebih. Perempuan yang ingin menjaga dirinya dari hubungan yang tidak seharusnya dengan laki-laki malah dikatakan sombong, apa kamu (laki-laki) mau menanggung dosa perempuan yang tidak bisa menjaga dirinya dari yang bukan muhrimnya?

Bukankah Allah SWT. telah menciptakan jodoh untuk setiap manusia? lantas kenapa masih banyak orang yang masih bingung ketika mereka masih belum punya pacar? Bukankah membingungkan status “jomblo” telah meragukan kekuasaan Allah SWT.?

Aku menuliskan ini karena sahabatku sering menceritakan betapa ia merasa tidak nyaman dengan segala metode PDKT yang dilakukan teman laki-lakinya. Ia sekarang sedang berusaha menjadi seorang wanita yang berusaha menjauhi hal-hal yang berkaitan dengan hubungan duniawi yang tidak penting (misalnya pacaran). Pernah sekali, dengan alasan ia tidak mau memutuskan tali silaturahmi, ia membalas chat dari teman laki-lakinya, walaupun isi chatnya tidak penting.

Who knows people’s feeling, ternyata niat sahabatku yang tidak ingin memutuskan tali silaturahmi itu dianggap “lampu hijau” atas metode PDKT-nya. Jujur saja, aku yang mendengar cerita ini sedikit kesal. I mean, niatan baik sahabatku malah disalah artikan. Apakah sekarang generasi muda Indonesia menjadi “generasi baper”?

Aku mendukung 100% prinsip sahabatku yang menginginkan menjadi yang pertama dan terakhir untuk pasangannya kelak. Oleh karena itu aku menyarankan untuk tidak menanggapi segala macam chat ataupun hal-hal yang tidak penting dari teman laki-lakinya. Bukan berarti aku menyarankannya untuk memutuskan tali silaturahmi, tapi menjaga diri. Menjaga diri dari hal yang tidak ada manfaatnya, malah bisa jadi merugikan.

Sekali lagi, tolong hormati keputusan kami sebagai perempuan untuk menjaga diri kami, melindungi diri kami dari hal-hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Melindungi diri kami agar kami bisa menjadi lebih baik.

Aku tau, mungkin nanti ada yang membaca tulisan ini dan berpikir “Apaan sih, sok menggurui banget. Emang kamu udah bener?”

Aku bukan menggurui, tapi sharing pemikiranku pribadi tentang bagaimana seharusnya laki-laki memandang perempuan. Bukan dari sekedar paras cantik, lantas ia langsung suka, bukan. Perempuan lebih dari sekedar parasnya yang cantik. Cantik wajah hanya sekedar bonus. If you know more, woman heart and intelligence are more awesome.

Mostly, isi tulisan ini tentang wanita, tapi aku rasa laki-laki juga ada pada posisi yang sama. Menjaga diri itu memang sulit. Berpegang dengan prinsip yang untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan juga tidak segampang kelihatannya. Dalam segala proses menuju kebaikan tidak jarang hambatan muncul. I think, hambatan itu yang akan menguatkan niat seseorang untuk berubah menjadi lebih baik. So, be wise to hold onto your principles.

You Might Also Like

0 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Instagram