Psstt! Keep it as a Secret

8:22 PM


It just a sharing thought, about a non-ethical attitude of medical expert.

Jadi gini, 6 minggu belakangan ini aku tugas magang dari kampus di salah satu rumah sakit umum di suatu kota. Begitu juga temen-temenku yang lain, mereka juga melaksanakan tugasnya di beberapa rumah sakit.

Singkat cerita, awal aku masuk sebagai anak magang, aku harus menjalani sumpah dulu. Sumpah mungkin terdengar agak serem, ya. Intinya dari sumpah itu adalah kami sebagai anak magang tidak boleh membocorkan segala sesuatu yang terjadi di rumah sakit, terutama informasi tentang pasien yang ada di sana.

Beberapa waktu lalu, aku sempet liat instagram salah seorang temenku. Gak cuma satu orang sih, tapi beberapa. Aku rasa yang dia upload disana bukan hal yang etis dilakukan oleh seorang tenaga kesehatan rumah sakit. Foto-foto yang diupload adalah moment saat dia sedang menangani pasien, berfoto dengan pasien yang lagi tergeletak tidak berdaya di atas kasur.

First time I saw that, hal yang terpikir adalah kok bisa mereka berpikiran untuk foto bareng pasien dengan keadaan yang-seperti-itu. dimana etika mereka sebagai tenaga kesehatan rumah sakit? Bukannya foto dengan pasien dan menyebarkannya lewat sosial media termasuk menyebar-luaskan informasi pasien yang pastinya rahasia dimana hal itu bisa aja dimeja-hijaukan oleh pasien kalau pasien merasa gasuka.

Tidak hanya mereka, kadang juga aku temui beberapa foto di instagram yang menunjukkan moment-moment penanganan pasien yang diunggah ke sosial media, which is tidak seharusnya dilakukan.

I don’t care if you already work hard or less sleep because handling the patient. That’s your job.

A lot thing I want to write about that here, but rather not. It’s a bit difficult to choose good word to describe my thought about this case.

And guys, before you (or anyone) have intention to upload photo or sharing about your work that related to patient, please think twice. You are meddling with someone life. You (will) are sharing about someone private life. Do your work professionally and please keep patient secret as secret.

You Might Also Like

0 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Instagram